Tulisan ini saya kasih judul heboh karena faktanya emang heboh, setidaknya di wilayah Jombang dan sekitarnya. Ya, dialah Mohamad Ponari, bocah 9 tahun yang baru duduk di kelas 3 SD. Dia dianggap sebagai “orang sakti”, dimana kesaktiannya “jatuh dari langit”. Setidaknya itulah anggapan orang. Dengan batu ajaibnya dia disinyalir dapat menyembuhkan segala jenis penyakit. Benar-benar hebat.

Terlepas dari “kehebatan” Ponari, seharusnya dunia kedokteran modern, rumah sakit, puskesmas, dan dokter-dokter umum, harusnya menangkap sinyal ini sebagai ketidakberdayaan masyarakat akan mahalnya kesehatan. Mereka seakan-akan terlena dengan biaya pengobatan yang murah meriah dan hasilnya “mak nyus” daripada harus menuntut birokrasi rumah sakit yang ribet ditambah biaya yang ngga terjangkau. Mereka lebih senang antre berjam-jam daripada ngeluarin duit lebih.

Di samping itu, kultur masyarakat yang masih meyakini pengobatan alternatif yang sifatnya instan masih banyak dianut masyarakat. Dan masih banyak hal-hal lain yang masih mendera masyarakat Indonesia.

Itulah potret (sebagian) masyarakat di Indonesia. Bagaimana pemerintah??

Advertisements